Slow Jet
Jumlah bahan bakar yang disupply untuk primary low speed circuit,
dikontrol oleh slow jet, bahan bakar tersebut dialirkan melalui slow jet
kemudian melalui slow jet kemudian melewati sekrup penyetel campuran
dan masuk ke dalam silinder.
Catatan :
- Bila slow jet tidak dikeraskan secukupnya akan terdapat kebocoran bahan bakar disekitar baut slow jet, ini akan menambah jumlah bahan bakar yang disalurkan, sehingga akan mengakibatkan campuran yang tidak sesuai lagi.
- Diameter dalam slow jet terlalu kecil , misalnya akibat adanya kotoran, hal ini akan menyebabkan putaran mesin kasar.
Air Bleeder
Pada karburator double barrel ada 2 air bleeder. Pada primary low speed
circuit terdapat dua air bleeder, yaitu air bleeder no 1 (primary air
bleeder) dan no 2 (secondary air bleeder). Air bleeder tersebut untuk
membantu atomisasi bahan bakar untuk bercampur dengan udara.
Note :
Bila air bleeder tersumbat, udara tidak mampu untuk mencampur bahan
bakar yang akan disalurkan oleh idle dan slow port. Hal ini akan
menyebabkan campuran udara dan bahan bakar menjadi kaya.
Economizer Jet
Agar diperoleh campuran yang baik antara bahan bakar dan udara dari air
bleeder 1 dan 2 kecepatan aliran bahan bakar harus ditambah. Untuk
menambah kecepatan aliran bahan bakar digunakan economizer
0 Response to "Cara Penyetelan Slow Jet, Air Bleeder dan Economizer Jet"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.