Bestmechanic.blogspot.com - Pada mesin dua langkah campuran
udara-bahan bakar dikompresi dua kali setiap putaran. Kompresi pertama
(kompresi pendahuluan di dalam crankcase). Campuran ditarik kedalam
crankcase dan dikompresi, selanjutnya masuk ke dalam ruang pembakaran.
Kompresi kedua (kompresi di dalam silinder dan ruang pembakaran).
Campuran yang dikompresi sangat mudah dinyalakan dan terbakar sehingga
menghasilkan tekanan yang tinggi.
Campuran yang dikompresikan di dalam
crankcase mengalir ke dalam silinder melalui lubang transfer mendorong
sisa-sisa gas pembakaran keluar dari silinder dan ini disebut sebagai
langkah transfer.
Secara jelasnya cara kerja mesin dua langkah di perlihatkan pada tabel berikut ini.
Proses
|
Penjabaran Langkah dan Gambar
|
Langkah
Isap Dan Kompresi • Setengah putaran pertama atau 180 derajat • Piston bergerak dari TMB ke TMA |
Di bawah piston
Sewaktu piston bergerak keatas menuju TMA ruang engkol akan membesar dan menjadikan ruang tersebut hampa (vakum). Lubang pemasukan terbuka. Dengan perbedaan tekanan ini, maka udara luar dapat mengalir dan bercampur dengan bahan bakar di karburator yang selanjutnya masuk ke ruang engkol (disebut langkah isap atau pengisian ruang engkol. |
Di atas piston Disisi lain lubang pemasukan dan lubang
buang tertutup oleh piston, sehingga terjadi proses langkah kompresin
disini. Dengan gerakan piston yang terus ke atas mendesak gas baru yang
sudah masuk sebelumnya, membuat suhu dan tekanan gas meningkat. Beberapa
derajat sebelum piston mencapai TMA busi akan melentikkan bunga api dan
mulai membakar campuran gas tadi (langkah ini disebut langkah compresi
| |
Langkah
Usaha Dan Buang • Setelah putaran ke dua atau 360 derajat • Piston bergerak dari TMA ke TMB |
Di atas piston
Ketika piston mencapai TMA campuran gas segar yang dikompresikan dinyalakan oleh busi. Gas yang terbakar mengakibatkan ledakan yang menghasilkan tenaga sehingga mendorong piston memutar poros engkol melalui connecting rod sewaktu piston bergerak kebawah menuju TMB (langkah usaha). Beberapa derajat setelah piston bergerak ke TMB lubang buang terbuka oleh kepala piston, gas-gas bekas keluar melalui saluran buang (langkah buang) |
0 Response to "Cara Kerja Mesin Dua Langkah"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.