Batang torak (conecting rod)


Batang torak (conecting rod) menghubungkan torak keporos engkol dan selanjutnya menruskan tenaga yang dihasilkan oleh torak ke poros engkol. Bagian ujung batang torak yang berhubungan dengan pena torak disebut small end. Sedang yang lainnya yang berhubungan dengan poros engkol disebut big end.
Crank pin berputar pada kecepatan tinggi didalam big end dan mengakibatkan temperatur menjadi tinggi. Untuk menghindari hal tersebut yang diakibatkan panas, metal dipasangkan didalm big end. Metal ini dilumasi dengan oli dan sebagian dari oli ini dipercikkan dari lubang oli ke bagian dalam torak untuk mendinginkan torak.
conecting rodPenting :
Batang torak harus dipasang sesuai tanda. Bila salah pasang akan menutup lubang oli. Untuk mencegah hal ini, tiap bagian torak terdapat tanda. Tanda ini bermacam-macam tergantung pada tipe msin dan harus teliti.

0 Response to " Batang torak (conecting rod)"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.