Di
Indonesia mobil–mobil baru banyak menggunakan mesin dengan sistem
penggerak katup,seperti VVT-i, VTEC, VVT,MIVEC,VANOS dan lain-lain. Nah kali ini saya akan membahas tentang sistem VVT-i .
Apa itu VVT-i ?
Sistim
VVT-i (Variable Valve Timing - Intelligent) merupakan serangkaian
peranti untuk mengontrol penggerak camshaft. Maksudnya adalah
menyesuaikan waktu bukaan dan penutupan katup secar optimal yang sesuai
dengan kondisi mesin. Sehingga meningkatkan efisiensi
hisap,momen,output tenga,keekonomisan bahan bakar dan gas buang yang
lebih bersih. Sistem ini umumnya di gunakan oleh TOYOTA.
sistim
ini diaplikasikan pada katup masuk. Waktu bukaan camshaft bisa
bervariasi pada rentang 60 derajat. Misalnya, pada saat start, kondisi
mesin dingin dan mesin stasioner tanpa beban, timing dimundurkan 30
derajat. Cara ini bakal menghilangkan overlap.sedangkan Overlap Yaitu
peristiwa membukanya katup masuk dan buang secara bersamaan di akhir
langkah pembuangan karena katup masuk baru akan membuka beberapa saat
setelah katup buang menutup penuh. Logikanya, pada kondisi ini mesin
tak perlu bekerja ekstra.
Dengan
tertutupnya katup buang, tak ada bahan bakar yang terbuang saat
terisap ke ruang bakar. Konsumsi BBM jadi hemat dan mesin lebih ramah
lingkungan. Sedangkan saat ada beban, timing akan maju 30 derajat .
Derajat overlapping akan meningkat. Tujuannya untuk membantu mendorong
gas buang sekaligus memanaskan campuran bahan bakar dan udara yang
masuk. Selain itu, waktu kompresi juga bertambah karena katup masuk juga
menutup lebih cepat. Efeknya, efisiensi volumetrik jadi lebih baik. Untuk
mewujudkannya, ada VVT-i controller pada timing gear di intake
camshaft. Alat ini terdiri atas Housing (rumah), kemudian di dalamnya
ada ruangan oli untuk menggerakkan vane (baling-baling). Vane itu
terhubung dengan camshaft. Di dalamnya terdapat dua jalur oli menuju
masing-masing ruang oli di dalam rumah VVT-i controller. Dari jalur oli
yang berbeda inilah, vane akan mengatur waktu bukaan katup.
Posisi
advance timing maju didapat dengan mengisi oli ke ruang belakang
masing-masing bilah vane. Sehingga vane akan bergerak maju dan posisi
timing pun ikut maju 30 derajat. Tekanan olinya sendiri disediakan oleh
camshaft timing Oli Control Valve yang diatur oleh ECU mesin.
Kebalikannya, untuk kondisi retard (mundur), ruang di depan vane akan
terisi dan posisi timing mundur. Sedangkan kalau dibutuhkan pada kondisi
standar, ada pin yang akan mengunci posisi vane tetap ada di
tengah.Sebenarnya masih ada sistem yang lebih canggih, namanya VVTL-i
(Variable Valve Timing and and Lift-Intelligent). Sistem yang
meningkatkan volume langkah katup dan meningkatkan efisiensi hisap
selama putaran berkecepatan tinggi.
PemeliharaanVVT-i
Adopsi
teknologi VVT-i ke mesin mobil juga memberikan kelebihan minimnya
biaya pemeliharaan yang harus ditanggung. Sebab tune-up seperti setel
klep dan lain sebagainya tidak diperlukan lagi.
Namun
demikian, sebaiknya tetap lakukan service berkala, hindari sembarangan
bengkel, dan gunakan oli mesin dengan grade yang dibutuhkan sesuai
dengan manual yang dikeluarkan pihak pabrikan mobil. Memilih sembarang
bengkel untuk mobil ini menjadi pantangan, pasalnya mesin ini
memerlukan komputer diagnosa khusus yang hanya tersedia dibengkel
resminya. Suatu hal yang masih sulit untuk dilakukan pemilik mobil
mayoritas di Indonesia yang umumnya mengutamakan mobil yang serbaguna,
handal, terjangkau dan tidak sulit perawatan dan bengkel saat darurat.
0 Response to "VVT-i (Variable Valve Timing - Intelligent)"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.