- Jika campuran kaya dan tekanan kompresi tinggi, dia akan terbakar dengan sangat cepat sewaktu di sulut.
- Jika campuran miskin dan tekanan kompresi rendah, campuran akan terbakar dengan lambat.
Walaupun
perbandingan kompresi tidak berubah-ubah pada suatu engine, jumlah
campuran udara/bahan bakar di dalam silinder (pada awal langkah
kompresi) berubah-ubah sesuai posisi pembukaan katup throttle, dengan
demikian terjadi perubahan pada tekanan kompresi pada rentang kerja
engine.
Konstruksi vacuum advancer
Mekanisme
pengendali pemajuan pengapian vacuum terdiri dari unit diafragma
vacuum, dihubungkan dengan pelat dudukan distributor dan sisilain
diafragma dihubungkan dengan saluran vacuum karburator melalui selang
vacuum.
Diafragma
ditahan pada posisinya oleh pegas. Pelat dudukan dan kontak poin akan
berputar saat diafragma berhubungan dengan kevacuuman saluran masuk
engine.
Cara Kerja
Pembukaan
katup gas/throttle yang kecil akan memberikan tingkat kevacuuman yang
tinggi pada diafragma yang mengakibatkan pelat dudukan berputar
mempercepat saat pengapian.Saat pembukaan katup throttle membuka semakin
lebar, pengaruh kevacuuman akan menurun mengurangi pemajuan saat
pengapian. Pembukaan penuh katup throttle akan memberikan tekanan udara
luar (tidak ada kevacuuman) terhadap diafragma mengakibatkan tidak
terjadi pemajuan saat pengapian.
Catatan:
Kerjasama
antara pemaju pengapian sentrifugal dan kevacuuman secara otomatis
memberikan perubahan yang pasti terhadap saat pengapian pada setiap
rentang kerja engine.
0 Response to "vacuum advancer"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.