TRANSMISI DUAL CLUTCH

Sebuah transmisi dual-clutch menawarkan fungsi dari dua gearbox manual dalam satu. Untuk memahami apa artinya ini, sangat membantu untuk meninjau bagaimana bekerja gearbox manual konvensional. Ketika sopir ingin berpindah dari satu gigi ke yang lain dalam mobil tongkat-pergeseran standar, dia menekan down pertama pedal kopling. Ini mengoperasikan kopling tunggal, yang memutus hubungan mesin dari gearbox dan mengganggu aliran daya ke transmisi. Kemudian sopir menggunakan pergeseran tongkat untuk memilih gigi baru, sebuah proses yang melibatkan memindahkan kerah roda bergigi dari satu gigi ke roda gigi dari ukuran yang berbeda. Perangkat disebut synchronizers cocok dengan roda gigi sebelum mereka terlibat untuk mencegah grinding. Setelah gigi baru bergerak, pengemudi akan membebaskan pedal kopling, yang menghubungkan ulang mesin untuk gearbox dan mengirimkan daya ke roda.

Jadi, dalam transmisi manual konvensional, tidak ada aliran yang kontinu kekuasaan dari mesin ke roda. Sebaliknya, daya pengiriman perubahan dari pada ke pada saat perpindahan gigi, menyebabkan fenomena yang dikenal sebagai "shift shock" atau "mengganggu torsi." Untuk driver tidak terampil, hal ini bisa menyebabkan penumpang yang dilemparkan ke depan dan kembali lagi sebagai roda gigi yang berubah.


A dual-clutch gearbox, sebaliknya, menggunakan dua cengkeraman, tetapi tidak memiliki pedal kopling. elektronik yang canggih dan hidrolika mengontrol cengkeraman, seperti yang mereka lakukan pada transmisi otomatis standar. Dalam DCT, bagaimanapun, cengkeraman beroperasi secara independen. Satu kontrol kopling roda gigi aneh (pertama, ketiga, kelima dan sebaliknya), sementara yang lain bahkan mengontrol roda gigi (kedua, keempat dan keenam). Dengan pengaturan ini, gigi dapat diubah tanpa mengganggu aliran daya dari mesin ke transmisi. Berurutan, ia bekerja seperti ini:

Dual-clutch Transmisi Poros
Sebuah poros transmisi dua bagian adalah jantung dari sebuah DCT. Tidak seperti gearbox manual konvensional, yang rumah semua roda gigi pada suatu poros input tunggal, DCT ini terbagi aneh dan bahkan gigi pada dua poros input. Bagaimana mungkin? Poros luar adalah cekung, membuat ruang untuk sebuah poros batin, yang bersarang di dalamnya. Batang berongga luar feed gigi kedua dan keempat, sedangkan poros feed dalam pertama, ketiga dan kelima.


Diagram di bawah menunjukkan susunan ini untuk DCT lima kecepatan khas. Perhatikan bahwa satu kontrol kopling gigi kedua dan keempat, sementara yang lain, kopling independen kontrol pertama, roda gigi ketiga dan kelima. Itulah trik yang memungkinkan perubahan gigi kilat-cepat dan menjaga daya konstan pengiriman. Sebuah transmisi manual standar tidak bisa melakukan ini karena harus menggunakan kopling satu untuk semua aneh dan bahkan gigi.

Multi-pelat cengkeraman
Karena transmisi dual-clutch adalah serupa dengan otomatis, Anda mungkin berpikir bahwa itu membutuhkan konverter torsi, yang adalah bagaimana transfer torsi mesin otomatis dari mesin ke transmisi. DCTs, bagaimanapun, tidak memerlukan konverter torsi. Sebaliknya, DCTs saat ini di pasar basah penggunaan multi-pelat cengkeraman. Sebuah "basah" kopling adalah salah satu yang menggenangi komponen kopling dalam cairan pelumas untuk mengurangi gesekan dan batas produksi panas. Beberapa produsen mengembangkan DCTs yang menggunakan cengkeraman kering, seperti yang biasanya berhubungan dengan transmisi manual, tetapi semua kendaraan produksi dilengkapi dengan DCTs saat ini menggunakan versi basah. Banyak sepeda motor cengkeraman tunggal multi-plate.

Seperti konverter torsi, multi-pelat basah cengkeraman menggunakan tekanan hidrolik untuk drive gigi. Fluida melakukan tugasnya di dalam piston kopling, dilihat dalam diagram di atas. Ketika kopling bergerak, tekanan hidrolik di dalam piston memaksa set bagian koil pegas, yang mendorong serangkaian pelat kopling cakram gesekan ditumpuk dan melawan pressure plate tetap. Disc gesekan memiliki gigi internal yang berukuran dan berbentuk untuk mesh dengan kurva pada kopling drum. Pada gilirannya, drum tersambung ke gearset yang akan menerima gaya transfer. Audi transmisi dual-clutch memiliki kedua gulungan air kecil dan pegas diafragma besar dalam cengkeraman basah multi-plate.


Untuk melepaskan kopling, tekanan fluida di piston berkurang. Hal ini memungkinkan pegas piston untuk bersantai, yang memudahkan tekanan pada paket kopling dan pressure plate.

Kita akan melihat pro dan kontra dari transmisi dual-clutch berikutnya.

Pro dan Kontra Transmisi Dual-kopling
Semoga itu menjadi jelas mengapa DCT tersebut diklasifikasikan sebagai otomatis transmisi manual. Pada prinsipnya, DCT berperilaku seperti transmisi manual standar: Ini ada masukan dan tambahan poros ke rumah roda gigi, dan kopling synchronizers. Apa itu tidak memiliki adalah pedal kopling, karena komputer, solenoida dan hidrolika melakukan pergeseran sebenarnya. Bahkan tanpa kopling pedal, pengemudi masih bisa "kirim" komputer kapan harus mengambil tindakan melalui dayung, tombol atau perpindahan gigi yang satu.

pengalaman Driver, kemudian, hanyalah salah satu dari banyak keuntungan dari sebuah DCT. Dengan upshifts mengambil hanya 8 milidetik, banyak yang merasa bahwa DCT menawarkan percepatan paling dinamis dari semua kendaraan di pasar. Jelas menawarkan percepatan halus dengan menghilangkan shock pergeseran yang menyertai gearshifts dalam transmisi manual dan bahkan beberapa otomatis. Terbaik semua, itu affords driver kemewahan untuk memilih apakah mereka memilih untuk mengontrol pergeseran atau membiarkan komputer melakukan semua pekerjaan.

Mungkin keuntungan yang paling menarik dari DCT adalah peningkatan ekonomi bahan bakar. Karena aliran listrik dari mesin untuk pengiriman tidak terganggu, secara dramatis meningkatkan efisiensi bahan bakar. Beberapa ahli mengatakan bahwa enam-speed DCT dapat memberikan hingga 10 persen peningkatan dalam efisiensi bahan bakar relatif bila dibandingkan dengan lima kecepatan otomatis konvensional.

Banyak produsen mobil yang tertarik pada teknologi DCT. Namun, beberapa pembuat khawatir akan biaya tambahan yang terkait dengan memodifikasi jalur produksi untuk mengakomodasi tipe baru penularan. Ini awalnya bisa menaikkan biaya kendaraan dilengkapi dengan DCTs, yang mungkin mencegah konsumen sadar biaya.

Selain itu, produsen sudah investasi besar-besaran dalam teknologi transmisi alternatif. Salah satu yang paling terkenal adalah transmisi continuously variable, atau CVT. CVT adalah jenis transmisi otomatis yang menggunakan sistem katrol bergerak dan sabuk atau rantai ke tak terhingga menyesuaikan rasio gear di berbagai. CVTs juga mengurangi kejutan shift dan meningkatkan efisiensi bahan bakar secara signifikan. Tapi CVTs tidak bisa menangani tuntutan-tuntutan torsi mobil performa tinggi. DCTs tidak memiliki masalah tersebut dan ideal untuk kendaraan berperforma tinggi.

0 Response to "TRANSMISI DUAL CLUTCH"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.