Regulator

Tegangan yang dihasilkan oleh alternator bervariasi tergantung dari kecepatan putaran dan banyaknya beban. Sehingga bisa menimbulkan kerusakan pada komponen kelistrikan pada mobil akibat tegangan yang tidak tetap / naik-turun. Untuk itulah digunakan regulator yang berfungsi untuk menjaga tegangan out-put alternator tetap konstan.

Jenis Regulator

Regulator ada dua jenis

  1. Regulator Tipe Kontak Poin
  2. Regulator Tipe IC (jadi satu dengan alternator)
Komponen Regulator Tipe Kontak Poin
Regulator tipe kontak point terdiri dari :
  • Voltage regulator yang berfungsi untuk menjaga tegangan output alternator tetap konstan.
  • Voltage relay yang berfungsi untuk mematikan lampu CHG dan meng-hubungkan arus ke voltage regulator.
Cara Kerja Regulator

1. Saat Kecepatan Rendah ke Sedang
Saat kecepatan rendah arus yang dihasilkan alternator masih kecil sehingga yang mengalir ke voltage regulator juga masih ke-cil, sehingga kemagnetan pada voltage regulator (M) belum mampu menarik P0. Arus yang mengalir ke rotor coil (F) melalui P1  P0
Saat kecepatan mesin naik arus yang dihasilkan alternator juga naik, se-hingga yang mengalir ke voltage regulator juga naik, sehingga kemag-netan pada voltage regulator (M) sudah mampu menarik P0 lepas dari P1.
Arus yang mengalir ke rotor coil (F) melalui tahanan (R), sehingga arus yang dihasilkan alternator menjadi turun dan menyebabkan kemagnetan pada voltage regulator (M) turun dan P0 kembali berhubungan dengan P1.
2. Saat Kecepatan Sedang ke Tinggi
Saat kecepatan sedang, posisi P0 adalah mengambang.
Dengan naiknya putaran maka arus yang dihasilkan alternator besar, se-hingga arus yang mengalir ke voltage regulator besar, dan kemagnetan pa-da voltage regulator mampu menarik P0 berhubungan dengan P2 Arus yang mengalir ke rotor coil (F) menjadi terputus

0 Response to "Regulator"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.