RADIATOR

Radiator berfungsi untuk mendinginkan cairan pendingin yang sudah melalui water jacket, radiator terdiri dari upper water tank, radiator core pada bagian tengahnya dan lower water tank pada bagian bawah. Pada bagian upper tank terdapat tutup radiator untuk menambah air, juga ada upper hose sebagai penghubung dengan bagian mesin, juga dilengkapi selang yang menuju reservoir tank untuk menampung uap air yang berlebihan untuk ditampung. Lowwer tank dilengkapi outlet dank ran penguras, sedangkan inti radiator terdapat pipa-pipa air untuk dapat dilalui air dan terdapat sirip-sirip untuk menyerap panasdari cairan pendingin sehingga radiator dapat didinginkan kipas atau laju kendaraan itu sendiri

Inti Radiator
Seperti halnya sudah dijelaskan tadi, inti radiator adalah tempat aliran air dari upper tank menuju lowwer tank untuk didinginkan kipas atau laju kendaraan itu sendiri. Ada dua tipe inti radiator yang perbedaanya adalahtergantung pada model sirip-sirip pendinginnya. Tipe plate (flat fin type) dan tipe lekukan (currogated fin type) seperti terlihat pada gambar.

Beberapa kendaraan modern menggunakan versi terbaru, yaitu tipe lekukan, dari radiator tipe SR. Tipe ini hanya mempunyai susunan pipa tunggal (single row) sehingga bentuk keseluruhan lebih tipis dan ringan dari tipe biasa.



0 Response to "RADIATOR"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.