Pada tanggal 8 Juni 2008, perusahaan mobil Toyota di Jepang
mengumumkan akan menyumbang 78 buah mobil hibrida untuk Konferensi
Tingkat Tinggi G8 yang diadakan pada tanggal 7 sampai 9 Juli 2008 di
Hokkaido. Tentu saja ini merupakan salah satu strategi pemasaran
Toyota. Konferensi Tingkat Tinggi G8 adalah suatu event besar di mana
para pimpinan negara-negara maju berkumpul setiap tahunnya. Ini
merupakan kesempatan emas untuk memperkenalkan produk Toyota ke
seluruh dunia.
Mobil
hibrida, atau hybrid car, adalah mobil dengan teknologi terbaru yang
belakangan ramai dibicarakan di dunia otomotif. Disebut hibrida,
karena mobil jenis ini menggunakan dua sumber energi, yaitu bensin dan
listrik. Agar bisa dipakai, sebuah mobil harus memenuhi beberapa
syarat. Pertama, harus bisa menempuh jarak paling sedikit 300 mil,
atau 482 Km sebelum energinya diisi kembali, sehingga tidak merepotkan
pengemudi. Kedua, pengisian bahan bakar harus bisa dilakukan dengan
mudah dan cepat. Ketiga, harus sama cepat dengan kendaraan lain di
jalan sehingga tidak menghambat lalu lintas.
Mobil
berbahan bakar bensin yang kita pakai sekarang bisa memenuhi semua
syarat ini, tetapi menghasilkan polusi yang berlebihan. Sementara
mobil bertenaga listrik, hampir tidak mengakibatkan polusi sama sekali,
namun hanya bisa menempuh jarak maksimum 50 Km setiap kali isi ulang.
Ditambah lagi, proses isi ulangnya sangat pelan dan tidak mudah.
Mobil hibrida menggabungkan keunggulan dari keduanya.
Dunia
sudah lama memimpikan mobil yang ramah lingkungan. Yaitu, mobil yang
bebas emisi karbon sehingga tidak memperparah pemanasan global. Mimpi
ini belakangan berubah menjadi suatu kebutuhan mendesak karena harga
bahan bakar yang meroket. Selama teknologi bebas emisi karbon, seperti
mobil berbahan bakar hydrogen, atau alcohol masih butuh waktu untuk
dikembangkan, mobil hibrida inilah yang paling mungkin dipasarkan
secara luas karena tidak membutuhkan infrastruktur baru.
Dengan
teknologi hibrida, mesin mobil yang bekerja dengan bensin bisa
diperkecil karena ia tidak bekerja sendiri. Energi yang diperlukan
untuk menjalankan mobil bisa juga didapat dari motor listrik yang
terdapat di dalamnya. Mobil hibrida juga didesain sedemikian rupa
sehingga bisa bekerja dengan energi seminimal mungkin. Mesin mobil yang
lebih kecil otomatis membuat berat mobil keseluruhan pun menjadi lebih
ringan. Ini membuat mobil membutuhkan energi yang lebih sedikit
ketika mendaki tanjakan. Body mobil juga didesain dengan model
aerodinamis sehingga gesekan dengan udara dapat dikurangi. Dengan
demikian, penggunaan bahan bakar pun bisa dikurangi.
Dengan
berbagai teknologi yang demikian canggih, tidak heran kalau harga
mobil hibrida agak mahal. Kalau dipikir-pikir aneh juga, untuk
menghemat ongkos bensin, kita malah harus mengeluarkan uang lebih
banyak untuk membeli mobil hibrida. Untuk menghemat pun ternyata harus
bermodal !
Sementara
kocek kita belum mampu membeli teknologi modern ini, ada cara-cara
mengemudi untuk menghemat bahan bakar, bahkan dengan mobil biasa
sekali pun. Misalnya, dengan melaju lebih lambat. Gesekan mobil dengan
udara meningkat tajam begitu kita mempercepat laju mobil. Ini membuat
mobil jadi boros bensin.
Melaju
dengan kecepatan tetap juga lebih hemat bensin. Kenapa? Karena setiap
kali kita mempercepat laju mobil, kita menggunakan energi, kemudian
ketika kita memperlambatnya kembali, kita menggunakan energi lagi.
Dengan berulang-ulang mempercepat dan memperlambat mobil, kita
menggunakan energi dua kali lipat dibanding kalau kita melaju dengan
kecepatan tetap.
Satu
lagi yang penting ialah, tidak berhenti mendadak. Ketika kita
berhenti mendadak, rem bekerja keras menyerap kecepatan mobil dalam
seketika dan mengubahnya menjadi panas yang kemudian dibuang.
Penyia-nyiaan energi yang tidak perlu.
Hibrida
atau bukan, mengurangi polusi udara dan menghemat energi bisa kita
lakukan sekarang juga. Semuanya tergantung pada kemauan dan sikap
kita sehari-hari.
0 Response to "Mobil Hibrida, terobosan otomotif ramah lingkungan "
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.