Mekanisme sistem rem


a.      Rem Tromol
Rem tromol terdiri dari 2 (dua) buah sepatu rem yang dilengkapi dengan pelapis rem, yaitu kanvas rem. Sepatu rem bagian bawah ditahan oleh suatu nok yang disebut kunci rem. Kunci rem dilengkapi dengan poros dan tuas yang dihubungkan dengan pedal rem, oleh kabel-kabel yang terbuat dari baja.
Cara kerja rem tromol adalah dengan menekan pedal rem, maka fluida akan mengalir dan menekan silinder roda melalui saluransaluran minyek rem. Fluida dari silinder roda akan menekan sepatu rem, sehingga sepatu rem akan bergesekan dengan tromol dan terjadilah pengereman yang diinginkan. Pada Toyota Kijang Tipe KF 50, rem tromol ini digunakan pada roda bagian belakang.
b.      Rem Piringan
Rem piringan atau disebut juga dengan rem cakram yang bekerjanya berdasarkan hukum Pascal, yang berbunyi : “Tekanan yang diberikan kepada zat cair dalam bejana yang tertutup, akan diteruskan ke segala penjuru dengan tekanan yang sama besarnya”. Kelebihan dari rem cakram jika dibandingkan dengan rem mekanik yaitu rem cakram mengadakan gaya pengereman yang lebih kuat daripada rem mekanik, dan tanpa menggunakan tenaga injakan yang lebih besar.

Komponen rem piringan
(New Step 1, 1994 : 5-53)

Cara kerja rem piringan yaitu dengan menekan pedal rem, maka fluida akan menekan silinder roda kemudian silinder roda akan menekan pad rem, kemudian pad rem akan menjepit piringan dan terjadilah pengereman. Pada Toyota Kijang Tipe KF 50, jenis rem piringan ini dipakai untuk roda bagian depan.
c.       Rem Parkir
Rem parkir terbagi atas 2 (dua) jenis, yaitu center brake dan rem roda belakang. Pada Toyota Kijang Tipe KF 50, jenis rem parkir yang digunakan adalah jenis rem parkir roda belakang, yaitu apabila rem parkir dioperasikan maka yang akan terkunci adalah roda belakang.
Cara kerja rem parkir atau sering juga disebut dengan hand rem adalah dengan menarik tuas rem parkir maka daya pengereman dipindahkan ke tuas sepatu rem melalui kabel rem, sehingga tuas sepatu rem akan mengembangkan sepatu rem dan terjadilah pengereman yang diinginkan.

0 Response to "Mekanisme sistem rem"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.