Filter udara
/ saringan udara ini mempunyai fungsi yang tidak kalah penting meskipun
perangkatnya jarang diperdebatkan dan diulas. Fungsi utama adalah
sebagai penyaring udara kotor, akan tetapi di balik fungsi ini sangat
berperan penting terhadap umur dan keawetan dari mesin, serta juga
sebagai salah satu faktor penambah tenaga.
Mengapa sedemikian pentingnya,
karena apabila udara yang masuk ke dalam silinder itu masih banyak
mengandung debu maka akan terhisap dan menempel pada dinding silinder
dan akan mengotori minyak pelumas yang pada akhirnya dapat merusak
mesin.
Selain
berfungsi sebagai penyaring, filter udara ini juga berfungsi
menghilangkan suara desis udara yang masuk dengan cara mengurangi
kecepatan masuknya. Saringan ini dipasangkan pada saluran masuk udara
pada perputaran. Ada dua jenis saringan udara yang beredar, yaitu elemen
kertas dan jenis saringan minyak. Elemen ditempatkan di dalam case
saringan udara, dan ditempatkan sedemikian rupa sehingga memungkinkan
udara masuk melalui sekeliling elemen dan abu serta kotoran lainnya akan
meninggi di sekeliling elemen akibat adanya gaya sentrifugal sehingga
abu dan kotoran ini akan terpisah dengan sendirinya.
Dimensi dan bentuk dari filter
udara ini juga beraneka ragam disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan
dari kendaraan. Berbeda kendaraan standar berbeda pula dengan kendaraan
racing dimana konsumsi bahan bakar juga lebih banyak untuk kendaraan
racing sehingga komposisi pencampuran udara juga mengharapkan suplai
udara lebih banyak dan cepat. Jenis khusus untuk racing biasanya
diproduksi oleh perusahaan automobile yang secara struktur filter udara
lebih ringan dan mempunyai daya hisap penghambat tidak begitu erat
tetapi tetap menghasilkan udara masuk yang bersih.
0 Response to "Filter udara"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.