DIESEL COMMON RAIL

1. Pengertian Diesel Common rail
Teknologi mesin diesel dengan sebuah mesin dengan bahan bakar solar . sistem ini justru main di sistem Bahan bakar, di sistem konvensional ada komponen-komponen penunjang sistem. di konvensional ada injection pump assembly, priming pump dan juga feed pump yang menyalurkan bahan bakar ke ruang pembakaran, sekarang Mesin diesel sudah bekerja dengan sistem elektronis atau sekarang familiar dengan Common rail. common rail terdiri dari pressure sensor,pressure limiter, solenoid injector sebagai komponen tambahan. Ada perbedaan dengan type diesel yang lama, yaitu sistem common rail ini digabungkan dengan sistem injeksinya yang dikontrol secara elektronik. type diesel yang lama injektor membuka karena tekanan bahan bakar, tetapi pada common rail yang membuka injektor adalah arus dari ECU. jadi injektornya prinsip kerjanya hampir sama dengan injekto mobil bensin. Common Rail system adalah mesin diesel yang sistem bahan bakarnya dikontrol secara elektrikal. Pada saat mesin bekerja selalu terdapat tekanan bahan bakar yang cukup tinggi. Kontrol tekanan tinggi tersebut pada setiap injector diatur secara independen. Sistem tekanan dan waktu penginjeksian dirangcang untuk mesin high speed direct injection. Parameter injeksi seperti waktu penginjeksian, jumlah injeksi dan tekanan dikontrol oleh Electronic Control Unit (ECU). Pada mesin diesel biasa, pompa digerakkan oleh engine dan fungsinya adalah untuk memastikan jumlah bahan bakar yang sesuai dan distribusi bahan bakar ke setiap injector dan mengatur bukaannya. Pada sistem Common Rail, pompa hanya bertugas untuk manumpuk bahan bakar pada tekanan yang sangat tinggi di dalam jalur pengumpan biasa (common feeding line) dari cabang injectors.Pembukaan injectors dikontrol oleh Electronic Control Unit (ECU) dan sensor-sensor. Disamping meningkatkan performa dan mengurangi noise serta menurunkan tingkat emisi gas buang, sistem Common Rail ini juga memungkinkan mesin diesel untuk mencapai keinginan pemakai kendaraan di dunia.
 
Kontrol secara elektronik pengiriman bahan bakar dan injeksi di depan memungkinkan bahan bakar dapat dipompa secara optimal terlepas dari kecepatan putaran mesin. Oleh karena itulah tekanan tinggi dapat dipertahankan secara konstan meskipun mesin berputar dengan kecepatan rendah. Masalah utama yang harus dihadapi untuk meningkatkan performa dan konsumsi bahan bakar adalah : tingkat keakuratan jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke ruang bahan bakar.
2. Aliran Bahan Bakar
Di dalam low pressure circuit, bahan bakar ditarik ke tangki oleh pre-supply pump, yang mendesak bahan bakar melalui jalur ke sirkuit tekanan tinggi. Kotoran atau campuran yang ada di dalam bahan bakar akan dibuang oleh pre-filter, sehingga bisa mencegah keausan dini pada komponen yang mempunyai tingkat presisi tinggi.
                   
Bahan bakar yang lewat melalui saringan bahan bakar ke pompa tekanan tinggi yang mendesaknya masuk ke high-pressure accumulator (rail) dan menghasilkan tekanan tinggi maksimal sebesar 1,350 bar. Untuk setiap proses injeksi, bahan bakar ditarik dari high-prssure accumulator. Tekanan di dalam rail tetap konstan, di dalamnya ada satu pressur-control vavle yang berguna untuk memastikan bahwa tekanan di dalam rail tidak melebihi angka yang diperbolehkan atau turun dibawah standar.
  • Membangkikan dan menyimpan tekanan tinggi 
  • Closed-loop control pada tekanan rail 
  • Injeksi bahan bakar
Closed-loop control pada tekanan rail
Pressure-control valve dijalankan oleh ECU. Pada saat membuka, bahan bakar akan kembali ke tangki melalui return lines dan rail pressure sinks. Agar supaya ECU dapat menjalankan pressurecontrol valve secara benar, tekanan rail pressure diukur oleh rail pressure sensor.
 
Injeksi bahan bakar
Setiap kali bahan bakar diinjeksikan, bahan bakar tersebut dicomot dari rail pada kecepatan tinggi dan languns diinjeksikan ke dalam cylinder. Masing-masing cylinder mempunyai injector. Setiap injector mempunyai solenoid valve yang menerima perintah `membuka´ dari ECU. Selama itu tetap membuka, bahan bakar diinjeksikan ke dalam ruang bakar.
3. Komponen Pada Diesel Common rail
1.      Pompa supply
2.      Common rail
3.      Sensor tekanan bahan bakar
4.      Pembatas tekanan
5.      Injektor
6.      Sensor-sensor
7.      ECU
8.      EDU
9.      Tangki bahan bakar
10.  Saringan bahan bakar
11.  Check valve

6 Responses to "DIESEL COMMON RAIL"

  1. Sensornya apa aja gann??? Tlong d jwb...aq d tanya guruku soalnyaa

    ReplyDelete
  2. Poles marmer rumah Graha Family tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Dian Istana tp 081316894242 Surabaya,Jual mesin polisher 2nd 081316894242 viper,electrolux,new rotano.Sewa mesin poles lantai polisher cuci karpet Malang 081316894242.Poles marmer rumah Komplek Laguna tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Darma Husada tp 081316894242 Surabaya Poles marmer rumah Bumi Galaxy tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Citra Land tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Komplek Pakuwon tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Citra Harmoni tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Nirwana Eksekutif tp 081316894242 poles marmer palembang,lampung 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Darmo Golf tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Darmo apuncak tp 081316894242 Surabaya,poles lantai marmer gresik 081316894242 granite,teraso,no hp telp poles marmer 081316894242 granite,teraso Poles marmer rumah Pondok Jati tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Taman Pinang tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Grand Family tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Kertajaya Indah tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Margo Mulyo tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Genjeran tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah perum Wanocolo tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Manyar Kertoarjo tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Manyar Kertoadi tp 081316894242 Surabaya,Poles marmer rumah Puri Matahari tp 081316894242 Surabaya Hubungi Waluyo Marble Specialist Surabaya Hp. 081316894242 Distributor mesin polisher lantai 081316894242 Poles marmer rumah Bandung 081316894242 Surabaya,Poles marmer Bandung 081316894242 bogor Hubungi kami Waluyo's Marble Specialist jika anda membutuhkan jasa poles lantai marmer 081316894242 Bali Lamongan Jakarta granite,teraso dan kristalisasi agar lantai anda kembali mengkilap.Poles meja marmer 081316894242 ,Poles lantai marmer surabaya 081316894242 granite,teraso poles meja granite 081316894242 ,poles tangga marmer 081316894242 ,cor dan poles teraso 081316894242 ,Jual mesin poles marmer 1 phase 081316894242 Tukang marmer 081316894242 granite,teraso murah hub Hp. 081316894242 Kami Waluyoo's Marble Specialist bergerak dalam bidang jasa poles lantai marmer( 081316894242 ) granite,teraso dan kristalisasi agar lantai kembali mengkilap.Jual batu gosok poles marmer 081316894242 jual marble powder bubuk pengkilap marmer teraso 081316894242 jual mesin poles lantai floor polisher second/bekas 081316894242 jual polisher fiorentini,columbus,alphalux,ghibli,wirbel,falco,nilfisk,electrolux,lux,luxor ,krisbow,rotano 081316894242 Renovasi rumah poles marmer( 081316894242 ) granite,teraso,poles meja marmer( 081316894242 ) teraso,poles traf tangga marmer 081316894242 tanpa perantara granite,teraso.poles marmer rumah pejaten 081316894242 tanpa perantara serang banten poles marmer rumah cipete 081316894242 tanpa perantara poles marmer rumah pd indah 081316894242 tanpa perantara poles marmer rumah pd labu 081316894242 tanpa perantara poles marmer rumah cinere 081316894242 tanpa perantara

    ReplyDelete
  3. Pada mesin common rail diesel sewaktu ganti fuel filter baru mesin susah sekali hidup...apa penyebabnya.....?

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.