Mesin 4
langkah mempunyai langkah hisap, kompresi, usaha, dan buang, tetapi bekerjanya
katup hanya dibutuhkan dalam 2 proses langkah yaitu langkah hisap dan langkah
buang. Mekanisme katup ini dirancang sedemikian rupa sehingga sumbu nok (camshaft)
berputar satu kali untuk menggerakan katup hisap dan katup buang setiap kali
berputarnya poros engkol. Puli timing camshaft dipasang pada ujung exhaust
camshaft. Exhaust camshaft digerakkan oleh poros engkol melalui timing belt.
Intake camshaft digerakkan oleh gigi-gigi yang berkaitan pada intake dan
exhaust camshaft. Jumlah dari gigi camshaft timing pulley yang mana sumbu nok
hanya berputar satu kali untuk setiap 2 kali putaran poros engkol.
1.
FUNGSI
MEKANISME KATUP
Mekanisme katup berfungsi untuk membuka dan menutup hubungan saluran
masuk ke ruang bakar dan ruang bakar ke saluran buang, pada saat yang tepat
sesuai dengan proses kerja motor.
Mekanisme katup harus menjamin katup tertutup dengan rapat sehingga
tidak terjadi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran. Katup juga
harus terbuka pada saat yang tepat dengan lebar bukaan yang paling sesuai
dengan karakteristik aliran campuran bahan bakar yang masuk maupun aliran gas
sisa pembakaran ke knalpot. Kerja dan fungsi mekanisme katup mempunyai
pengaruh yang sangat besar terhadap performa dan karakteristik mesin.
2.
CARA
KERJA MEKANISME KATUP
Bila poros engkol berputar menyebabkan exhaust camshaft juga berputar
melalui timing belt, sedangkan intake camshaft diputarkan oleh exhaust camshaft
melalui roda-roda gigi. Bila sumbu nok (camshaft) berputar, nok akan menekan ke
bawah pada valve lifter dan membuka katup. Bila sumbu nok terus berputar, maka
katup akan menutup dengan adanya tekanan pegas. Setiap sumbu nok berputar satu
kali, akan menutup dengan adanya tekanan pegas. Setiap sumbu nok berputar satu
kali, akan membuka dan menutup katup isap dan buang satu kali pada setiap 2
putaran poros engkol.
0 Response to "Dasar Mekanisme Katup"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.